Anies Kunjungi Vihara Dharma Bakti Tahun Baru Imlek

0
31

Jakarta, Suara Harapan – Vihara Dharma Bakti di Kawasan Petak Sembilan Jakarta Barat menjadi salah satu pusat perayaan Tahun Baru Imlek di Jakarta pada hari ini, Jumat (16/2). Seperti tahun-tahun sebelumnya, Vihara bagi umat Tridarma yang juga dikenal dengan nama Kim Tek Le ini selalu dipadati oleh masyarakat Tionghoa yang hendak beribadah saat tahun baru Cina itu.

Selain membakar dupa dan memanjatkan doa, umat Tridarma ini juga saling bercengkrama satu sama lain. Perayaan Imlek di Petak Sembilan juga dipadati oleh kehadiran pengemis dadakan yang berkumpul di depan pintu masuk Vihara.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek
kepada warga Jakarta yang merayakannya. Saya mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek, Gong Xi Fa Chai,” kata Anies,
saat berkunjung ke Vihara Dharma Bakti, di Jl Kemenangan III, Kelurahan Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, Jumat (16/2).

Dalam kunjungannya ini, Anies juga mengingat kembali kedatangannya ke Vihara Dharma Bakti setelah direnovasi pasca kebakaran pada tahun 2015 lalu. Saya bersyukur tempat peribadatan ini masih dapat digunakan sampai sekarang, terangnya.

Menurutnya, saat Imlek dirinya rutin berkunjung ke vihara tertua di Jakarta tersebut dengan mengajak anak-anaknya. “Saya ingin mereka memiliki dan memahami pengalaman lintas budaya dan nilai sejarah,” ujarnya.

Anies menambahkan, usai berkunjung di Vihara Dharma Bakti, dirinya akan mengajak keluarganya untuk berbelanja di kawasan Petak Sembilan. Sehingga, mereka bisa menambah pengalaman kulturalnya.

Pengurus Vihara Dharma Bakti Gunawan Djajaputra mengatakan, seperti perayaan Imlek yang lalu, pengemis memang biasa datang ke Vihara tertua di Jakarta itu. “Mereka mengharapkan angpao, umat juga biasanya kasih uang atau sumbangan,” kata Gunawan.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Chaidir mengatakan, di hari Imlek ini pihaknya ikut menjaga perayaan dengan menurunkan Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S)

Chaidir tak memungkiri, pengemis saat Imlek sudah menjadi budaya sejak lama. Pengelola vihara biasanya memberikan sembako atau angpao kepada warga sekitar sehingga banyak warga yang datang ke vihara untuk mendapatkan peruntungan pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here